PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN IKLAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS: ALFAMIDI CABANG ALUMINIUM RAYA)

Penulis

  • Krisdayanti Sukardi Universitas Potensi Utama Medan
  • Taufiq Risal Universitas Potensi Utama Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v5i2.374

Kata Kunci:

Kepuasan Konsumen, Kualitas Layanan, Harga Dan Iklan

Abstrak

Kepuasan konsumen merupakan situasi yang ditunjukkan oleh konsumen ketika mereka
menyadari bahwa kebutuhan dan keinginannya sesuai dengan yang diharapkan serta terpenuhi
secara baik pembeli berkenaan dengan kesepadanan atau ketidaksepadanan antara hasil yang
didapatkan di bandingkan dengan pengorbanan yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan Untuk
mengetahui apakah kualitas pelayanan, harga dan iklan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan konsumen (Studi Kasus Alfamidi Cabang Aluminium Raya). Metode dalam
penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100
responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode
analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji regresi linear berganda
menggunakan SPSS 25 for windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas
pelayanan positif dan signifikan terhadap kepuasan kepuasan konsumen dengan nilai sebesar sig
0.033, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai sig
0.000 , iklan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai
sig 0.282. kualitas layanan, harga, dan iklan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan
konsumen Alfamidi Cabang Aluminium Raya dengan nilai sig sebesar 0.000.

Referensi

Haryanto Ruldy. (2021). Manajelmeln pelmasaran bank syariah (telori dan praktik). In Manajelmeln

Pelmasaran Bank Syariah (Vol. 53, Issulel 9).

Haryoko, Ul. B., Delimah Pasaribul, V. L., & Ardiyansyah, A. (2020). Pelngaruhl Harga Dan Kulalitas

Pelayanan Terl hadap Kelpual san Konsulmenl Pada Firman Delkorasi (Wedl ding Organizelr). Point, 2(1).

https://doi.org/10.46918/point.v2i1.566

Indrasari, M. (2019). PElMASARAN DAN KElPUAl SAN PELl ANGGAN: pelmasaran dan kepl ulasan

pelanggan - - Googlel Books. In Unl itomo Pressl (p. 61).

Izzulddin, A., & Mulhsin, M. (2020). Pelngaruhl Kulalitas Produk,l Kual itas Layanan Dan Lokasi

Terl hadap Kelpulasan Konsulmeln. Julrnal Manajelmeln Dan Bisnis Indonelsia, 6(1), 72–78.

https://doi.org/10.32528/jmbi.v6i1.3536

Kotlelr, P. dan A. (2018). Marketl ing an Introducl tion (Pelrason).

Monika, L., & Prabowo, H. (2013). PElNGARUHl IKLAN DAN KUlALITAS PRODUlK TERl HADAP

KElPUlASAN KONSUMl

SKYNINDO.

ElN DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS MElRElK DI PT CIPTA

Philip Kotlelr, G. A. (2016). Prinsip-prinsip Pelmasaran. In Erl langga. Jakarta (Vol. 01, Issulel 01, p. 4).

Elrlangga.

Tanoni, R. V. (2012). Pelngarulh Iklan Terl hadap Niat Beli Konsulmenl Mel aluil Citra MelrelK dan Sikap

pada Minulman Isotonic Mizonel di Sulrabaya. Jurl nal Ilmul Dan Riselt Manajeml enl , 1(2), 1–7.

Tjiptono & Chandra, G. (2018). Selrvicel, Qual lity & Satisdaction. CV. Andi Offset.l

Wirtz, B. W. (2019). Digital Bulsinelss. https://doi.org/10.1007/978-3-030-13005-3_3

Madiasmo, (2011). Perpajakan. Edisi Revisi. 2011. Yogyakarta : Penerbit Andi

Moleong. L. J. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosda Karya.

Resmi, S. 2. (2019). Perpajakan Teori dan Kasus Edisi 8. Jurnal Akuntansi.

Saragih, A. H., Susilawati, N., & Hendrawan, A. (2019). 2019_AHS_Dialogue. 1, 12–24.

Sri Rahayu, BARKAH Rosadi Dan Muhammad Yusuf Alhadihaq. (2023). Implementasi E-Samsat

Untuk Membangun Kepercayaan Dan Kepatuhan Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Publicuho,16.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-10-30