Hongkong Lotto


Dewatogel


Pengaruh Harga, Promosi dan Metode Pembayaran terhadap Keputusan Pembelian Online Aplikasi F&B ID pada Chatime Thamrin Plaza Medan

Penulis

  • Agusti Chandra Universitas Potensi Utama Medan
  • Yahya Tanjung Universitas Potensi Utama Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v5i2.392

Kata Kunci:

Harga, Promosi, Metode Pembayaran, Keputusan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakang oleh harga yang ditawarkan Chatime lebih mahal dibandingkan produk
lain. Ada beberapa promosi yang tidak sesuai dengan yang di iklankan. Sering terjadinya kekecawaan
pelanggan terkait metode pembayaran dimana pembayaran harus melakukan transaksi online dan
tidak bisa bayar cash, berhubung tidak semua pelanggan Chatime memiliki e-money. Terjadinya
penurunan penjualan pada aplikasi F&B ID Pada Chatime Thamrin Plaza Medan. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, promosi dan metode pembayaran
terhadap keputusan pembelian online aplikasi F&B ID pada Chatime Thamrin Plaza Medan, baik itu
secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif kuantitatif
dengan teknik analisis linear berganda. Hasil peneliatian menunjukkan harga berpengaruh terhadap
keputusan pembelian secara positif dan signifikan pada Chatime Thamrin Plaza Medan Medan.
Promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara positif dan signifikan pada Chatime
Thamrin Plaza Medan Medan. Metode Pembayaran berpengaruh terhadap keputusan pembelian
secara positif dan signifikan pada Chatime Thamrin Plaza Medan Medan. Ada pengaruh signifikan
secara simultan Harga, Promosi dan Metode Pembayaran terhadap terhadap Keputusan Pembelian di
Chatime Thamrin Plaza Medan. Hasil perhitungan regresi dapat diketahui bahwa koefisien
determinasi (R square) yang diperoleh sebesar 0,446, hasil ini memiliki arti bahwa 44,6% variabel
Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Harga, Promosi, dan Metode Pembayaran
sedangkan sisanya sebesar 55,4% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Referensi

ALdwimurti, Y., & Sumalrhaldi. (2023). Pengalruh Halrgal Daln Promosi Terhaldalp Keputusaln

Pembelialn Dengaln Kuallitals Produk Sebalgali Valrialbel Moderalsi. Jurnall Malnaljemen Daln

Bisnis, 3(1), 74–90.

ALngiporal M. P`. (2021). Dalsalr-Dalsalr Pemalsalraln. PT Raljal Gralfindo Persaldal.

ALpriliyal, D. (2021). Pengalruh Falktor Kealmalnaln daln Privalsi, Metode Pembalyalraln,

Endorsement, Perceived Vallue Terhaldalp Keputusaln pembelialn Dallalm E-commerce.

Sekolalh Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesial.

Bialgo, B., & Malssimo, C. (2019). The Oversight of Palyment System. The World Balnk.

Deyto, H. K., Pelliyezer, K. & Permaltalsalri, M. (2020). Pengalruh Promosi Daln Halrgal

Terhaldalp Keputusaln Pembelialn Paldal Hotel Berbintalng Tigal Di Kotal Pallembalng. Jurnall

Kepalriwisaltalaln Daln Hospitallitals, 4(2), 82–102.

Falrisi, S., & Siregalr, Q. R. (2020). Pengalruh Halrgal daln Promosi Terhaldalp Loyallitals

Pelalnggaln Penggunal Jalsal Tralnsportalsi Online di Kotal Medaln. Malnalggio, Jurnall Ilmialh

Malgister Malnaljemen, 3(1), 148–159.

Falrisi, S., & Siregalr, Q. R. (2020). Pengalruh Halrgal daln Promosi Terhaldalp Loyallitals

Pelalnggaln Penggunal Jalsal Tralnsportalsi Online di Kotal Medaln. Malneggio: Jurnall Ilmialh

Malgister Malnaljemen, 3(1), 148–159. https://doi.org/10.30596/malneggio.v3i1.4941

Febrialnti, D. D., & Ralfiudin, Y. (2024). The Influence of Price, Promotion, Product Quallity on

Purchalsing Decisions alt “Mie KBR” Jember. Journall of Economics, Finalnce alnd

Malnalgement Studies, 7(1), 364–371.

Firmalnsyalh, AL. (2019). Pemalsalraln Produk daln Merek, Cetalkaln Pertalmal. Qialral Medial.

Firmalnsyalh, AL. (2020). Komunikalsi Pemalsalraln. Qialral Medial.

Fitri, M., & Syalmsudin, K. (2022). Pengalruh Metode Pembalyalraln terhaldalp Keputusaln

Pembelialn paldal Malhalsiswal di Malrketplalce Shopee Ditinjalu Menurut Ekonomi Syalrialh.

Journall of Shalrial alnd Lalw, 1(1), 51–60.

Heriyalnto, Ralchmal, N., & ALisyalh, S. (2020). Pengalruh Kuallitals Produk, Halrgal Daln

Promosi Terhaldalp Keputusaln Pembelialn Konsumen Paldal Online Shop Bukallalpalk (Studi

Kalsus Malhalsiswal Feb ALngkaltaln 2016 Universitals Islalm Mallalng). Jurnall Ilmialh Riset

Malnaljemen, 9(25), 56–72.

Kalmalrudin, AL. (2019). Dalsalr– dalsalr Malnaljemen Investalsi. Rinekal Ciptal.

Komalriyalh, S., & Subiyalntoro, H. (2023). Pengalruh Kuallitals Produk, Promosi daln Metode

Pembalyalraln terhaldalp Keputusaln Pembelialn Malrketplalce Shopee (Studi Kalsus Paldal

Malhalsiswal Universitals Bhinnekal PGRI Tulungalgung ALngkaltaln Talhun 2019-2020).

JURNALL ECONOMINAL, 2(9), 2644–2659.

Lalksalnal, M. F. (2019). Pralktis Memalhalmi Malnaljemen Pemalsalraln. CV ALl Falth Zumalr.

Maledial, G. O., & Muhibaln, AL. (2023). The Influence of Online Prices alnd Promotions on

Purchalse Decisions on the Shopee Malrketplalce (Calse Study alt PT. Gucci Raltu Textile,

Cimalhi City, West Jalval). Internalsionall Journall of Integraltive Sciences (IJIS), 2(6), 875–898.

Malulalnal, H. AL., & ALsral, Y. (2019). ALnallisal Pengalruh Promo Graltis Ongkos Kirim

terhaldalp Keputusaln Pembelialn paldal E-Commerce oleh Generalsi Z di Daleralh Pedesalaln.

Inovbiz: Jurnall Inovalsi Bisnis, 7(2), 162. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v7i2.1220

Mowen, J. C. (2022). Perilalku Konsumen. Erlalnggal.

Nalsution, AL., E. Putri, L, P. & Lesmalnal, M, T. (2019). ALnallisis Pengalruh Halrgal, Promosi,

Kepercalyalaln daln Kalralkteristik Konsumen Terhaldalp Keputusaln Pembelialn Konsumen

Paldal 212 Malrt di Kotal Medaln. Proseding Seminalr Nalsionall Kewiralusalhalaln, 1(1), 194–

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-10-30

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama